(http://alqudsiah.blogspot.com/) Nahwu Shorof, Tajwid, Fiqih, Tauhid.

Hadist Tentang Keutamaan Ilmu (Mencari Ilmu)

Hadist Tentang Keutamaan Ilmu (Mencari Ilmu)

 
عن ابن مسعود رضي الله عنه: سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم يقول : نضر الله امرأ سمع منا شيئا فبلغه كما سمعه, فرب مبلغ أوعى من سمع.
            Dari Ibnu Mas’ud r.a. aku mendengan Rasulullah SAW bersabda, “semoga Allah memberikan keindahan kepada seseorang yang mendengar sesuatu dari kami, lalu ia menyampaikanya sebagaimana yang ia dengar. Berapa banya orag yag disampaikan lebih memahami dari yang mendengar.” (HR. Abu Daud) serta dinilai Shahih oleh At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban dan lafadznya.  “Semoga Allah merahmati.”
عن انس بن ملك رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: طلب العلم فريضة على كل مسلم, وواضع العلم عند غير أهله كمقلد الخنازير الجواهر و اللؤلؤ والذهب.
            Dari Anas Bin Malik r.a. dia berkata: Rasulullah SAW bersabda, “menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan orang yang memberikan ilmu kepada orang yang bukan ahlinya seperti orang yang mengikatkan batu permata, mutiara dan emas pada babi.” (HR. Ibnu Majah)
وعن ابن عباس رضي الله عنهما: قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: من جاء أجله وهو يطلب العلم لقي الله لم يكن بينه و بين النبيين إلا دراجة النبوة.
Dari Ibnu Abbas r.a. dia berkata: Rasulullah bersabda, barang siapa yang ajal datang menjemputnyasementara dia sedang menuntut ilmu, maka dia akan bertemu dengan Allah dan tidak ada di antara dirinya dan para Nabi kecuali derajat kenabian.”(HR. Ath-Thabrani) didalam al-ausath.
و عن سهل بن معاد بن أناس, عن أبيه: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : من علم علما فله أجر من عمل به لا ينقص من أجر العامل شيء.
Dari Sahal Bin Mu’adz bin Anas dari bapaknya, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “barang siapa yang engajarkan suatu ilmu, maka baginya pahala orang yang mengamalkannya tanpa mengurangi dari pahala orang yang mengamalkannya sedikitpun.”(HR. Ibnu Majah)
وعن أبي هريرة قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : الدنيا ملعونة و ملعون ما فيها إلا ذكر الله وما والاه وعالما ومتعلما
Dari Abu Hurairah, dia berkata: aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Dunia adalah terlaknat dan terlaknat sesuatu yang ada didalamnya, kecuali berdzikir kepada Allah dan yang mengikutunya, serta orang yag alim dan orang yang mau belajar.” (HR. At-Tirmidzi) dan dia menghasankan serta diriwayatkan ibnu majah


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by alqudsiah, Published at 1:36 AM and have 0 comments

No comments:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname

Find Us On Facebook

Recent Posts

Sponsor

Flickr Images

Random Posts

Video Of Day

Column Right

Send Quick Massage

Name

Email *

Message *

Beauty

Videos

Featured

Masukkan Email Anda untuk Langganan Artikel Gratis langsung ke email anda:

Tab 1 Top Area

Blog Archive

Comments